Kamis, 14 April 2011

Jawaban Final BIOKIMIA

JAWABAN SOAL FINAL BIOKIMIA

Oleh 
ARIATY LARA PRASASTI DAHLAN
E 281 08 011 

PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI
JURUSAN BUDIDAYA PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN 
UNIVERSITAS TADULAKO
2009


1.      Jelaskan proses Biokimia yang terjadi pada Reaksi Terang dan Reaksi Gelap pada Fotosintesis ?

Reaksi biokimia pada fotosintesis dapat dibedakan menjadi reaksi terang dan reaksi gelap. Pada keadaan terang terjadi reruksi NADP + menjadi NADPH dan fosforilasi ADP menjadi ATP. NADPH dan ATP lalu digunakan pada reaksi keadaan gelap untuk mereduksi karbondioksida atau senyawa penerima elektron lainnya. Atau dengan kata lain NADPH dan ATP yang dihasilkan pada keadaan yterang digunakan untuk keperluan biosintesis. Gula (reduksi CO2 yang terjadi pada keadaan gelap).

Reaksi fotosintetik dalam keadaan terang menghasilkan O2, sintesis ATP dan reduksi NADPH dilangsungkan oleh dua sistem pigmen dan protein yang berfungsi sebagai pembawa elektron. Sedangkan reaksi gelap fotosintesis merupakan biosintesis karbohidrat melalui reduksi CO2, dengan menggunakan ATP dan NADPH yang terbentuk pada reaksi terang.

Sedangkan proses Biokima yang terjadi terbagi Atas 3 yaitu :

       
      Glikolisis.

Reaksi glikolisis adalah perombakan heksosa menjadi Asam Piruvat. Setiap reaksi dalam Glikolisis, enzim yang mengkatalis dan kebutuhan khusus akan activator logam. Tapi proses keseluruhan (di mulai dengan glukosa) dapat dirangkum sebagai berikut :

Glukosa + 2 NAD + 2 ADP   + 2 H2PO   → 2 piruvat + 2 NADH + 2 H  + 2 ATP   + 2 H2O.

       Daur Siklus Krebs

Langkah awal menuju daur krebs menyangkut oksidasi dan hilangnya CO2 dari piruvat dan penggabungan sisa unit asetat 2-karbon dengan senyawa yang mengadung belerang yakni ko-enzim A (CoA) membentuk Asetil CoA. Reaksi dekarboksilasi piruvat ini juga melibatkan bentuk terfosforilasi tiamin (Vitamin B1)Sebagai gugus prostetik. Disamping hilangnya CO2, dua atom hydrogen diambildari asam piruvat selama pembentukan Asetil CoA. Daur Krebs nelakukan pengambilan beberapa electron dari Asam-organik-antara dan mengangkut electron tersebut ke NAD+ (Untuk membentuk NADH atau ke ubikuinon). Mengingat dua piruvat dihasilkan dalam glikolisis dari tiap glukosa, maka reaksi keseluruhan daur krebs dapat ditulis sebagai berikut :

2  piruvat + 8 NAD + 2 Ebikuinon + 2 ADP  + 2 H2PO  + 4 H2O → 6 C02 + 2 ATP  + 8 NADH + 8 H  + 2 Ubikuinol.

      Transfor Elektron

Bila NADH dioksidasi, akan dihasilkan ATP. Dengan cara yang serupa, ubikuinol yang dihasilkan oleh asam Subsinat dehidrogenase dalam daur krebs, juga dioksidasi untuk menghasilkan ATP. Walaupun Oksidasi ini melibatkan pengambilan O2 dan pembentukan H2O, baik NADH ataupun Ubikuinol tdak dapat bergabung secara langsung dengan O2. Untuk membentuk H2O.  yang terjadi, elektronnya di transfer melalui beberapa senyawa antara sebelum H2O terbentuk, pembawa electron ini merupakan system pengangkutan electron mitokondria. Pengangkutan electron dimulai dari pembawa yang secara termodinamika sulit untuk di reduksi (yaitu yang mempunyai potensial reduksi negatif) ke pembawa yang mempunyai kecenderungan yang lebih besar untuk menerima electron (mempunyai potensial reduksi  yang lebih tinggi bahkan positif). Oksigen mempunyai kecenderungan terbesar untuk menerma electron dan kenyataannya memang demikian. Membentuk H2O. setiap pembawa dari setiap system tersebut biasanya menerima electron hanya dari pembawa sebelumnya yang terdekat. Mereka di atur dalam bentuk alur dalam membrane mitokondria abgian dalam yang terdapat beberapa ribu siste, pengangkutan electron ditiap mitokondria. 

2.      Produk Senyawa Kimia Apa saja yang terdapat pada glikolisis dan Siklus Krebs Adalah :

32 ATP, FADH,  NADH,  dan CO2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling Menasehatilah Kalian Dalam Kebaikan
.::| Tuliskan Komentar Membangun yah |::.

Entri Populer Nih.. (^^,)