Sabtu, 18 Juni 2011

“Batasan Produktivitas Dalam Ekologi”

Produktivitas adalah laju produksi zat-zat organic dalam suatu ekosistem yang dimulai dengan koversi energy cahaya matahari menjadi zat-zat organic melalui fotosintesis pada tanaman hijau. Produktivitas memiliki batasan-batasan yang penting dalam suatu ekosistem yakni ; 

Produktivitas primer dari suatu ekosistem adalah laju konversi energy cahaya menjadi zat organic melalui fotosintesis dan khemosintesis oleh organisme produser (terutama tumbuhan hijau)

Produktivitas primer bruto adalah laju dari fotosintesis total, termasuk zat-zat organic yang dipakai untuk pernafasan selama masa pengukuran ; dikenal pula dengan istilah asimilasi total.

Produktivitas primer neto adalah laju dari penyimpanan zat-zat organic di dalam jaringan tumbuh-tumbuhan setelah dikurangi pemakaian untuk pernafasan selama pengukuran, disebut juga fotosintesis nyata ( apparent photosynthesis) atau asimilasi neto. Biasanya jumlah energy/zat organic yang digunakan untuk pernafasan ditambahkan kepada jumlah fotosintesis nyata, sebagai koreksi untuk menaksir jumlah produktivitas bruto.

Produksi Komunitas Neto adalah laju dari penyimpanan zat-zat organic yang tidak digunakan heteretrof (jadi, produktivitas primer neto dikurangi dikurangi konsumsi oleh heterotrof) selama waktu pengukuran, biasanya selama musim tumbuh atau setahun berikutnya.

Produktivitas skunder adalah laju dari penyimpanan energy pada tingkat consumer atau decomposer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saling Menasehatilah Kalian Dalam Kebaikan
.::| Tuliskan Komentar Membangun yah |::.

Entri Populer Nih.. (^^,)